Cara Export Addictive Drum Menjadi Track Audio Terpisah

Selamat Berkunjung di mahendraide.
Kali ini  saya akan share bagaimana cara kita menghasilkan data audio track CARA EXPORT ADDICTIVE DRUM MENJADI TRACK AUDIO TERPISAH dengan memanfaatkan  Addictive Drum sebagai sumber suara atau soundsourcenya. Memang selain teknik yang saya share ini, banyak teknik-teknik lain yang dapat dilakukan.  
Misalnya setelah  Pattern drum yang kita buat telah selesai, kemudian kita mixdawn satu persatu kit drumnya. Mulai dari kick, snare, Hihat dan seterusnya.

Hanya saja teknik seperti ini  agak ribet dan makan waktu bagi sebagian orang. Karena untuk membuatnya menjadi track audio yang terpisah, masing-masing  kit drum yang mau di mixdawn harus di buat solo dulu dan memute yang lain. selanjutnya baru di mixdawn satu per satu........

Nah, Tutorial kali ini akan menjelaskan bagaimana dengan sekali proses mixdawn/export, kita akan mendapatkan track audio yang telah terpisah dan berdiri sendiri. Kick sendiri, Snare sendiri, Hihat sendiri sampai dengan overhead juga sendiri.  

Dalam tutorial ini, saya mempergunakan DAW (Software Multitrack) Studio One. Namun bagi anda yang meggunakan DAW lain seperti Cubase atau Nuendo, dapat juga dilakukan dengan proses yang hampir sama. Pada tutorial-tutorial mendatang, saya akan coba share dengan Cubase dan Nuendo.

Ok kita mulai saja...

1. Drag Addictive drum ke area kerja untuk membuat satu track. Buat pattern drumnya atau pilih dari beat yang sudah tersedia di Addictive Drum.
Pada kondisi seperti ini, kita hanya memiliki satu track midi stereo yang berisi  seluruh Kit Drum. Nah ini yang sekarang kita akan pisahkan agar nantinya pada saat mixing  kita  lebih bisa mengeksplorasi sound yang dibutuhkan
Track Addictive Drum
2. Kita aktifkan seluruh channelnya dengan klik pada kotak "CH"……..pada posisi default, channel-channel ini tidak aktif. Ternyata kita mendapati 12 channel, dimana nanti kita akan  membuatnya menjadi 8 channel Mono dan 4 Channel Stereo sesuai dengan jumlah Channel pada Addictive Drum.

      3. Aktifkan juga Output Addictive Drum dengan cara klik tanda panah yang terletak di bagian bawah mixer    Addictive Drum.

4. Aktifkan mixer Studio One dan perhatikan bahwa secara otomatis channel-chennel yang tadi kita aktifkan telah muncul pada mixer. Bila channel-channel tersebut tidak kita aktifkan, maka pada mixer pun tidak akan aktif.

 5. Selanjutnya kita setting  Output audionya…….


Pada output kita akan membuat 12 channel sesuai degan channel pada addictive drum, dimana 8 merupakan channel mono dan 4 channel stereo. Untuk membuat channel Mono, klik “Add (mono)” sebanyak 8 kali dan “Add (Stereo)” sebanyak 3 kali. Double Klik pada tulisan Sub 1 dst dan ganti dengan nama-nama channel/kit pada Addictive Drum mulai dari Kick, Snare, Hi Hat sampai Buss. Jika sudah, Klik “Apply” lalu “Ok”


6. Pada Mixer Studio One, klik Kotak yang bertuliskan “Main” dan arahkan ke masing-masing channel yang tadi kita buat. Kick di arahkan ke kick, snare ke snare dan seterusnya……..


7. Setelah itu kita seleksi track ini untuk kita Export. Untuk menghindari terjadinya Cliping, atur volume pada masing-masing channel.


 8. Pilih Song – Export  Stem……tunggu hingga proses Export/mixdawn selesai


9. Nah kini kita sudah memiliki beberapa track drum dimana datanya sudah berbentuk data Audio, bukan data midi lagi.Bila di perhatikan disini ada beberapa track yang tidak ada audionya. Ini disebabkan karena kita tidak membuat pattern untuk kit ini…….




Demikian Tutorial CARA EXPORT ADDICTIVE DRUM MENJADI TRACK AUDIO TERPISAH. Bila ada pertanyaan atau ingin menambahkan, silahkan tuliskan pada kotak komentar di bawah tulisan ini.
saya telah membuat versi video untuk tutorial diatas. silahkan cek disini. Terimakasih telah berkunjung ke mahendraide.

3 komentar:

  1. Kayaknya bingung aku mas.. Soalnya medianya beda.. Klo bisa dicontohkan lewat nuendo mas.. Trima kasih atas pencerahannya...

    BalasHapus
  2. Nuendo kan bersodara sama Cubase. silahkan cek di http://www.mahendraide.blogspot.com/2013/06/merekam-addictive-drum.html#comment-form

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus