Merekam Addictive Drum di Cubase 5

Selamat berkunjung di mahendraide.

Addictive Drum
Kali ini  saya akan share bagaimana cara MEREKAM ADDICTIVE DRUM untuk  menghasilkan data audio. Jadi disini track audio kita dapatkan dengan cara MEREKAM/RECORD!!! Bukan dengan Mixdawn. Satu kali merekam untuk dapatkan beberapa Track audio. Tentu saja disini kita akan memanfaatkan  Addictive Drum sebagai sumber suara atau soundsourcenya. Memang selain teknik ini, banyak teknik-teknik lain yang dapat dilakukan.  Misalnya dengan Mixdawn satu per satu Kit Drumnya lalu di import kembali ke dalam Track Cubase/Nuendo.

Hanya saja teknik seperti ini  agak ribet dan makan waktu bagi sebagian orang. Tapi itu semua tergantung dari pilihan masing-masing. Ini hanya satu alternative yang bisa dilakukan.

Nah, Tutorial kali ini akan menjelaskan bagaimana cara Setting Addictive Drum, Setting Mixer dan setting Bus (Vst Connection) Audio interface (Soundcard Eksternal). Dengan cara ini, kita akan merekam data midi dari Addictive Drum yang nanti akan menghasilkan Track audio yang telah terpisah dan berdiri sendiri. Kick sendiri, Snare sendiri, Hihat sendiri sampai dengan overhead juga sendiri.  

Dalam tutorial ini, saya mempergunakan DAW (Software Multitrack) Cubase. Cara ini juga dapat dilakukan dengan Nuendo. Namun bagi anda yang meggunakan DAW Studio One, silahkan baca tulisan saya yang lain yaitu CARA MIXDAWN/EXPORT ADDICTIVE DRUM MENJADI TRACK TERPISAH.

Ok mari kita mulai….

     1. Setelah Cubase/Nuendo terbuka, Buat track Instrumen Addictive Drum dengan cara menekan shortcut F11 atau Klik Device-Virtual Instrumen. Pada Kotak yang terbuka, pilih Addictive DrumCreate.


    2. Klik Tanda panah persis disebelah kiri Addictive Drum, lalu centang Activate All Outputs untuk mengaktifkan semua channel. Pada posisi default, channel-channel ini tidak aktif. Perhatikan bahwa disana terdapat 12 channel. Karena sudah di aktifkan, pada sebelah kiri (pada track) secara otomatis muncul channel Output sesuai dengan nama Kit pada Addictive Drum. Aktifkan juga mixer.  Otomatis disana juga akan muncul channel-channel ini.

    3. Tampilkan Addictive Drumnya. Aktifkan seluruh channel output yang terletak di bagian bawah Mixer  Addictive Drum. Caranya dengan klik pada tanda panah.


    4.  Buat Track audio. 8 Track Mono dan 4 Track Stereo, lalu beri nama sesuai urutan dan nama Kit Addictive Drum.

      5. Buat pattern drumnya atau pilih dari beat yang sudah tersedia di Addictive Drum.
Pada kondisi seperti ini, kita hanya memiliki satu track midi stereo yang berisi  seluruh Kit Drum. Nah ini yang nanti akan kita rekam/Record menjadi track yang terpisah agar nantinya pada saat mixing  kita  lebih bisa mengeksplorasi sound yang diinginkan.


      6. Buka Vst Connection dengan menekan Shortcut F4 atau Klik Device - Vst Connection. Pada bagian Output, Add Buss Mono sebanyak 8 Channel dan Add Buss Stereo sebanyak 4 Channel. Berikan nama sesuai dengan kit-kit yang ada pada Addictive Drum. Mulai dari Kick, Snare, Hi hat, Cowbell dan seterusnya….
Pada kolom Audio Device, Non aktifkan semua channel kecuali yang paling atas.


      7.  Tampilkan Mixer Cubase/Nuendo. Disini kita akan mengarahkan outputnya ke masing-masing track.


     8.  Pada Channel Mixer arahkan input ke masing-masing channel yang tadi kita buat. Kick di arahkan ke Kick, Snare ke Snare dan seterusnya……..


Dengan cara yang sama arahkan pula Outputnya.



      9.  Sekarang aktifkan tombol Record seluruh track audio yang tadi sudah dibuat.
Sebelum merekam, cobalah untuk di Play. Aktifkan Mixer. Perhatikanlah bahwa pada channel-channelnya sudah ada sinyal audio. Atur volume tiap channel jangan sampai ada yang Clipping (volume terlalu keras).



     10.  Jika sudah, maka mulailah merekam Addictive drum dengan menekan tombol Record.
Secara otomatis, track-track audio yang tadi sudah dibuat akan merekam suara yang berasal dari Addictive drum yang berada di track 1 (paling atas).


Nah karena sekarang kita sudah memiliki 12 track audio, Track Instrument addictive Drum paling atas bisa  kita hapus.

Bisa jadi ada beberapa track yang tidak ada audionya. Ini disebabkan karena kita tidak membuat pattern untuk kit ini…….
Misalnya pada track Cowbell tidak audio yang terekam, ini karena Cowbell tidak di mainkan dalam ketukan Drumnya.

Demikian Tutorial cara MEREKAM ADDICTIVE DRUM ini, semoga bermanfaat.
Jika ada pertanyaan atau ingin menambahkan, silahkan poskan komentar pada kotak komentar dibawah tulisan ini. Untuk mengikuti tutorial ini versi video silahkan ke Channel Youtube saya
Terimakasih telah berkunjung ke mahendraide.



11 komentar:

  1. sangat terbantu nih gan..keren blognya :)

    BalasHapus
  2. trimakasih mas ilmu nya.. sangat membantu.. heheheee.. salam kenal mas

    BalasHapus
  3. Salam Kenal juga...mas Husni...

    BalasHapus
  4. Mas Mahendra, saya pengen berguru sma mas Mahendra boleh ya. :D
    Ya berguru soal Home Recording, mas sudah saya add cyrcle di g+, saya boleh minta nmor HPnya mas?? sebelumnya salam kenal ya mas....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nomer saya sudah tercantum di profile saya.thanks

      Hapus
  5. Silahkan bisa hubungi juga melalui facebook

    BalasHapus
  6. mas knp ga keluar ya suara nya sya ngga pke adictive tpi ez . maap bru belajar mas hhehe

    BalasHapus
  7. Mantap. ada VSTi FREE yang gak kalah bagus, untuk drum salah satunya MT PowerDrum
    lebih lengkap bisa dilihat di blog kami
    kamarrecord.blogspot.com

    BalasHapus